The First Corsets: 2000 B.C. sampai 1900 A.D.

Pra – 1500

Korset – seperti 'idola' telah ditemukan di pulau Kreta Yunani yang tanggal kembali ke sekitar 2000 b.c. Dengan menempatkan dua pot keramik bersama dengan basis mereka, bentuk pinggang diperoleh, dengan pegangan pot atas yang mewakili hidung. Jam – bentuk kaca adalah gaya Kreta tradisional primitif, dan tidak selalu mewakili wanita lokal. Ikon-ikon yang lebih awal dihiasi dengan cawat-cawat, dengan contoh-contoh belakangan memakai ciclek dan tunik renda terbuka.

Pakaian tradisional untuk beberapa gadis abad ke-15 adalah gaun terikat ketat, menggugah korset.

Korset Besi

Beberapa museum saat ini memiliki contoh korset besi. Beberapa sejarawan mengklaim ini adalah pakaian sehari-hari bagi perempuan dan gadis Eropa sepanjang abad XVI dan XVIII, tetapi pakaian atau perangkat semacam itu akan mahal dan melampaui kantong wanita sehari-hari. Korset semacam itu akan lebih mungkin menjadi alat ortopedi untuk memperbaiki postur atau obesitas.

Pembunuhan adalah ancaman nyata pada masa itu, dan korset besi sebagai baju besi memberikan perlindungan dari peluru dan pisau. Awalnya disukai oleh laki-laki, korset besi terus dikenakan oleh perempuan dan laki-laki di pengadilan atau kesempatan berpakaian. Baik korset dan pakaian pada saat itu sangat berat, dan bantalan yang cukup harus dikenakan di bawahnya, semuanya dihiasi dengan sutra. Sutra adalah kemewahan yang mahal, yang menunjukkan lagi status korset itu.

Hanya ketika dikenakan oleh wanita adalah garmen yang disebut sebagai korset, itu disebut mantel pinggang atau rompi ketika olahraga oleh pria.

Korset dengan Stays 1550 – 1890

Tetap dikenakan eksternal laced atas pakaian (gaun atau rok), tidak seperti korset lebih konvensional yang diperpanjang di atas pinggul. Masa tinggal waktu adalah kerajinan tangan dari tulang ikan paus (baleen) dan populer sekitar tahun 1860. Akhirnya, masa menginap menjadi lebih pendek, dan berevolusi menjadi jenis bra, dengan tali bahu.

Korset era Victoria, 1831 – 1901

Ketika kebanyakan orang membayangkan korset, mereka cenderung berpikir tentang korset dari zaman Victoria. Era Victoria berlangsung sekitar tujuh puluh tahun, selama waktu itu korset mengalami banyak perubahan gaya dan mode saat berevolusi. Salah satu gaya yang terkenal adalah 'pinggang horisontal', yang populer dari tahun 1850 hingga 1899. Hal ini melengkapi 'kesibukan' modis hari itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *